Rabu, 16 Mei 2012

Jamsostek


Kamis 10 May 2012

Buat yang mau ambil jamsostek harus minimum sudah 5 tahun 1 bulan out of officenya (Kartu Peserta Jamsosteknya)..

Jam 8:15 sampe ke kantor Jamsostek Bekasi. Kemudian gw ke bagian informasi dan bilang deh mau cairin jamsostek. Disini kita diminta nunjukin berkas-berkas sebagai syarat untuk pengambilan / pencairan Jamsostek.
Syarat-syaratnya sebagai berikut:
- Copy KTP (2 lembar)
- Copy SIM A atau SIM C (1 lembar)
- Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Asli
* jika hilang, harus ada surat hilang dari kepolisian dan dilegalisir perusahaan / stempel & TTD HRD.
* jika hilang dan kantor sudah tidak ada / bangkrut, harus ada surat hilang dari kepolisian.
- Copy Pengalaman Kerja / Paklaring (1 lembar)
* jika pengambilan lebih dari satu KPJ, masing2 Paklaring dicopy semua.
* jika hilang dan kantor sudah tidak ada / bangkrut, harus ada surat hilang dari kepolisian.
- Copy Kartu Keluarga (2 lembar)
- Copy Akta kelahiran (1 lembar)
- Laporan tahunan dari jamsostek

Setelah dicek kelengkapan tersebut diatas gw diberikan form F5 yang harus diisi untuk kelengkapan data-data pencairan. Setelah diisi kemudian diberikan nomor urut dan nunggu antrian deh untuk dipanggil, gw mendapat nomor urut 052.

Ada 3 loket yang melayani Claim pengambilan / Pencairan Jamsostek yaitu loket 4,5 & 6. Dan saat itu pelayanan baru pada angka 006, 007 & 008. Yah lumayan deh nunggunya. Disaranin kalo dateng sendirian bawa deh minuman or snack atau buku or komik biar ngga bete nunggunya atau ngobrol deh sama sebelah-sebelahnya sambil nunggu panggilan.

Jam 10:00 nomor urut 052 dipanggil ke loket 4. Berkas-berkas tadi dicheck lagi, Disini juga kita diminta nunjukin berkas-berkas yang aslinya untuk dicocokkan.
- Jika ada yang berbeda (misalnya nama di KPJ tidak sama dengan di KTP), kemudian dikasih form yang harus ditandatangan diatas materai.
- Jika sudah OK, kita akan diberitahukan jumlah uang yang akan kita terima. Gw sendiri sudah tau jumlah saldonya karena sebelumnya gw sudah check saldo jamsostek via webnya (www.jamsostek.co.id). Dan ternyata jumlahnya cocok dengan yang diberitahukan.
Proses pencairan bisa “CASH” atau “Transfer bank”. Katanya, jika ingin Cash, dateng lagi besok. Dan untuk Transfer Bank, jika Bank BCA seminggu, dan bila Bank Mandiri 2 (dua) hari. Akhirnya gw putuskan transfer bank Mandiri aja deh biar lebih safety dan ga perlu dateng n antri lagi di loket 7 untuk terima uangnya.

Ternyata cukup mudah. Pelayanan dari bagian informasi sampe Customer Servicenya juga ramah. Sekarang tinggal tunggu aja transferannya. Jika dalam 2 hari tidak sampe gw dikasih nomor telp CSnya untuk claim. Semoga lancar prosesnya.

Setelah 2 hari kerja, cek Bank Mandiri dana Jamsostek sudah tertransfer. Semoga pelayanan yang diberikan akan selalu baik dan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar